EARTH HOUR PONTIANAK 2020

Gerakan Earth Hour di seluruh dunia jatuh pada hari Sabtu, 28 Maret di tahun 2020 ini mengusung tema #RaiseYourVoiceForNature. Tahun ini Earth Hour Pontianak tidak mengadakan Malam Selebrasi (Switch Off Moment) terbuka seperti tahun-tahun sebelumnya demi mencegah penyebaran infeksi dari Covid-19 di kawasan Pontianak dan sekitarnya. Earth Hour Pontianak mendukung keputusan Gubernur Kalimantan Barat untuk membatasi aktivitas di luar ruangan yang mengumpulkan banyak massa, seperti yang tercantum dalam aturan Pemerintah Daerah Nomor 800/0828/Kesra-B perihal Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan Terhadap Penyebaran dan Penularan Virus Corona (Covid-19) di Provinsi Kalimantan Barat. Dengan melakukan switch off di rumah, diharapkan seluruh penduduk Kota Pontianak dapat terhindar dari infeksi virus baru ini.

Koordinator Earth Hour Pontianak Muhammad Regi Sofyan Tsauri menjelaskan, “Tidak adanya selebrasi di tahun ini, bukan berarti langkah kita dalam mengingatkan masyarakat akan pentingnya untuk terus melakukan hemat energi berhenti sampai di sini. Harapannya, dengan adanya lockdown saat ini membuat masyarakat sekitar khususnya warga Pontianak akan lebih sadar bahwa saat ini bumi sedang tidak baik-baik saja, bumi membutuhkan rehat sejenak atas apa yang terjadi selama ini. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk terus menjaga bumi agar tetap lestari, mulai dengan melakukan penghematan energi dan menerapkan kebiasaan gaya hidup hijau adalah langkah awal untuk kita dalam mempertahankan bumi agar terus membaik”.

“#RaiseYourVoiceForNature ini memiliki pesan utama untuk mengajak seluruh masyarakat bersama-sama menyuarakan kepeduliannya terhadap lingkungan, karena apapun yang kita lakukan saat ini tentu akan selalu terhubung ke bumi. Dari hal baik atau buruk semuanya akan tetap selalu berdampak ke bumi,” jelas Regi.

Salah satu isu yang digencarkan oleh Earth Hour Pontianak tahun ini adalah Pangan Lokal - melalui kampanye Pangan Bijak Nusantara dan Beli Yang Baik. Seperti dalam hukum ekonomi, permintaan (demand) konsumen adalah aspek penting yang diperhatikan oleh produsen. Sayangnya, banyak produsen belum menjalankan praktik berkelanjutan untuk menghasilkan produk sehingga memberi dampak buruk untuk lingkungan, contohnya pembukaan lahan secara masif yang mengganggu habitat satwa liar dan juga mengurangi persediaan oksigen yang akhirnya menyebabkan pemanasan global. Earth Hour Pontianak melalui Kampanye Pangan Bijak Nusantara dan Beli Yang Baik adalah sebuah respon terhadap sistem pangan global yang telah memberi dampak negatif cukup besar pada lingkungan ini. Selain itu komunitas yang telah aktif sejak tahun 2012 ini ingin mempromosikan gaya hidup hijau kepada konsumen sebagai individu yang memiliki kuasa untuk meminta produsen agar menghasilkan produk yang ramah lingkungan. Berbagai komoditas khas Kalimantan Barat yang dapat dikonsumsi seperti beras merah, madu hutan, dan minyak tengkawang yang dihasilkan oleh petani lokal.

Dengan adanya kampanye ini, diharapkan menjadi pengingat bagi masyarakat Kota Pontianak bahwa penganan lokal khas Kalimantan Barat juga tidak kalah nikmat dan agar kearifan lokal dari hasil bumi Kalimantan Barat tidak tergantikan oleh bahan makanan import yang semakin mudah ditemukan saat ini.

Regi juga menyebutkan, semua lapisan masyarakat dapat berpartisipasi dalam kampanye Pangan Bijak Nusantara, terlebih Ibu rumah tangga yang setiap hari berbelanja dan menentukan menu makanan di rumah. “Makanan yang termasuk dalam kampanye ini adalah semua masakan dan penganan khas Kalbar dari berbagai bahan, misalnya keladi, sukun, tengkuyung, dan lain sebagainya. Dengan memakan makanan yang enak saja kita juga sudah berkontribusi untuk kelestarian bumi”, pungkasnya.

Menurut Regi, hal-hal buruk sudah banyak terasa dampaknya terhadap kehidupan kita seperti cuaca yang semakin panas akibat naiknya suhu bumi. Suhu bumi naik berawal dari perilaku manusia yang boros dalam menggunakan energi. Earth Hour Pontianak berupaya mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan satu langkah sederhana dan mudah.Yakni dengan mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak terpakai selama satu jam di minggu terakhir bulan Maret pada Pukul 20.30 - 21.30 WIB setiap tahunnya.

Regi selanjutnya menjelaskan bahwa ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperlambat perubahan iklim selain dengan mengonsumsi makanan dari bahan lokal, di antaranya dengan bijak menggunakan energi listrik, membawa botol air minum sendiri, menggunakan transportasi umum atau membudayakan berboncengan saat bepergian dengan kendaraan bermotor. “Akan berlipat ganda usaha kita menyayangi bumi jika saat berbelanja kita membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi sampah plastik di Kota Pontianak”, tutupnya.


Sokongan multipihak
Pemerintah Kalimantan Barat baik Gubernur dan Walikota, Hulu Kapuas Landscape dan Mueller-Schwaner-Arabella Landscape WWF-Indonesia, PLN Kota Pontianak, PDAM Kota Pontianak dan para pelaku bisnis Hotel Harris, Hotel Aston menyambut baik kampanye Earth Hour 2020. Dengan komunikasi yang telah terjalin, kolaboraksi demi bumi yang lebih terjaga menjadi lebih erat. Selain itu, kolaboraksi ini juga diperkuat dengan dukungan oleh komunitas yang ada di Kota Pontianak, di antaranya adalah Gerakan Senyum Kapuas, OI Pontianak, Aksi Sedekah Pendidikan Pontianak, Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan, Bank Sampah Rosella, Trash Hero Pontianak, Pontinesia, Pesona Pontianak, Pontianak Informasi, Buda’ Blogger Pontianak, Amazing Pontianak, Repost Pontianak, dan lain sebagainya.

Muller Schwaner Arabela Landscape Manager WWF-Indonesia, Anas Nasrullah menyebutkan, memadamkan lampu yang tidak digunakan merupakan salah satu aspek penghambat perubaan iklim dan mendukung kampanye Pangan Lokal yang yang dilakukan oleh Earth Hour Pontianak. “Komunitas yang menyuarakan perubahan iklim, harus memiliki visi menyeluruh mengenai isu ini. Komunitas harus mulai berpikir lebih luas, termasuk pemanfaatan dan pendayagunaan pangan lokal.”

“Pangan lokal relatif lebih bersih dari footprint carbon yang menyebabkan emisi dibandingkan dengan sumber pangan non lokal. Contoh, pangan lokal diambil dari hutan yang tidak memerlukan lahan yang luas, tidak membuka hutan yang menyebabkan emisi, dan diangkut dengan low carbon equipment bahkan diangkut dengan jalan kaki atau cukup dipikul. Dari sisi input produksi pangan lokal tidak menyebabkan emisi gas methane (CH4) karena diproduksi dengan menggunakan bahan bahan organik, tidak didatangkan dari luar (pasar), bibit tidak direkayasa dengan teknologi yang membutuhkan energi dan sumberdaya yang mahal dan sebagainya. Dari sisi distribusi, pangan lokal ini tidak terlalu melibatkan sistem pasar konvensional, yang digunakan adalah sistem permintaan sesuai dengan konteks sosial dan budaya di tingkat regional, sehingga tidak membutuhkan mobilisasi sumber daya yang masif dan berdampak pada bertambahnya emisi”, jelas Anas.

Selain itu, Anas juga menjelaskan bahwa Pangan Lokal ini akan menguatkan perekonomian produsen di Kalimantan Barat. “Secara tidak langsung, upaya ini akan memperkuat komunitas produsen bahkan lebih mikro lagi yang memperkuat peran kaum perempuan/ibu-ibu. Peran kelompok perempuan dalam produksi pangan lokal sangat signifikan, mereka umumnya pemilik pengetahuan dan penjaga kearifan tentang pangan lokal. Hampir 80% siklus kehidupan sehari hari ibu ibu ini ada di rantai produksi pangan lokal”, ungkapnya.

Kepala Dinas Pangan, Peternakan, dan Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Ir. Muhammad Munsif, MM menyambut baik saat Earth Hour Pontianak dan WWF Indonesia bertandang ke kantornya yang beralamat di Jl. Adi Sucipto. Dia menyebutkan jarang sekali ada komunitas anak muda yang menyuarakan pangan lokal. “Kami siap support kampanye ini, karena berkesinambungan dengan program kami yang juga mempromosikan hasil pertanian lokal. Semoga dengan terjalinnya kerja sama ini, semakin meningkat ketertarikan masyarakat untuk mengonsumsi hasil produksi lokal”, tutupnya.


Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Regi (0813-4611-2300) atau Wayan (0896-8009-8372).

Kita semua tau bagaimana rasanya dan perasaan yang muncul ketika pertama kali tampil di depan umum atau walaupun sudah berkali-kali namun rasa gugup dan gerogi yang di rasakan tetap ada, mari kita anggap gejala itu adalah pertanda yang normal bagi kta setiap manusia.

sumber gambar paxels.com

Yang tidak baik adalah merasa gugup terus menerus, kenapa bias gugup terus menerus itu disebabkan oleh keadaan dimana kita kurang dalam hal PERSIAPAN yang tidak matang, sehingga menumbuhkan keraguan dalam diri, salah satu kunci penting dalam berpidato atau publik speaking adalah percaya dengan diri sendiri, atau pede, belivi in your self an make a confident moment.

Sarakah kita bahwa kemampuan berbicara itu sangat penting bayangkan saja dalam waktu satu menit dan anda bertemu dengan sesorang anggap saja itu orang yang sangat penting mungkin bertemu dengan presiden misalnya dan anda hanya waktu satu menit untuk berbicara singkat kenapa satu menit karena memang presiden tidak memiliki cukup banyak waktu, lantas apa yang akan anda katakan, tema seperti apa yang ingin di sampaikan, apa tujuan pembicaaanya, apakah dapat merubah nasib anda atau malah sebaliknya.

Salah satu kunci kuat dalam berpidata atau publik speaking.

1. Pidato harus di awali dengan daya pikat atau kunci pertama adalah bagaimana cara kita mengenalkan diri kepada sesorang atau audience, sehingga mampu memancig emosi, intelektual dan rasa penasaran audience.

2. Buatlah sebuah presentasi sebaik mungkin dan semakisimal , dengan tampilan bercertita, buat presentasi yang mudah dipahami oleh pendengar, power ponti yang menggambarkan kata-kata yang terucap oleh mulut pembicara, seberapa maksimal usaha yang anda lakukan dan kreatif maka akan menetukan penilaian orang terhadap anda, seperti karakter dan sebaginya.

3. Akhiri pidato dengan pencertitaan fiksi yang menarik bukan pengulangan materi. 

Nah yang jadi masalah adalah banyak dari kta yang takut dan semacam phobia terhadap berbicara kepada khalayak umum, karenanya percaya pada diri sendiri dan be a confident., 

yang terpenting dalam pembicaraan adalah bagaiamana menyampaiakn segala sesuatu secara tulus dan ikhlas tanpa ada rasa kesal, karena dengan meberikan sesuatu yang tulus maka pendengar akan lebih respect for something you do. how to be a smart Public Speaking.




Bloom Bear Varians Ponti Bonti Cake Pontianak


Kue Memang menjadi salah satu andalan untuk di santap, selain rasanya yang manis kue juga menjadi kudapan yang enak di bawa sambil baca buku, ngerjain tugas, sambil ngopi atau aktivitas lainya. Seiring perkembangan zaman kue tentu berkembang juga baik dari cita rasa, teksture, kretivitas, yang membuatnya memiliki daya tarik tertentu.

All varians PontiBonti Bloom Bear||all picture by sitimustiani

Rasa Blubberry

Cokelat
dan keju



Bagi temen temen yang tinggal di pontianak pasti nggak asing lagi kan dengan yang namanya pontibonti, varian pontibonti juga banyak seperti pontibonti cake dan lain-lain, cita rasa yang unik dan bentuk serta toping yang melimpah membuat rasanya menjadi lebih enak,

ada tiga cabang outlet Pontibonti pertama di jalan Cokroaminoto dekat Sentrum kedua di jalan Candaramini dan Bandara Supadio, selain menjual pontibonti ada juga produk local lainnya yang ikut dijual.

Untuk mencicipi Bloom Bear harganya cukup worthit hanya Rp.25.000, untuk porsi sendiri cukup lah, sekali-kali reward terhadap diri sendiri, review jujur aku pertama kali suap itu gilak sih aku menikmati banget, tapi aku makamnya berlebihan dan rasanya yang cukup manis, efeknya membuat lidah jadi mati rasa, so kalau mau makannya lebih baik ala kadar saja, lebih baik bagi bagi sama keluarga, pasti lebih menyenangkan dan enak.

Ada Tiga rasa dasar yang di tawarkan pertama rasa orginal, tekstur yang lembut di balut toping keju, gilak sih enak bangetttt, kemudian rasa cokelat, dan juga rasa blueberry, penasaran kan ayo kunjungi oulet terdekat PontiBonti kesayanganmu.








Konsipirasi Tercelubung di Balik Face #AgeChallange



Selamanya Sampai Kita Tua

Sampai Jadi Debu

Ku di Liang yang Satu

Kau di Sebelahku. “Banda Neira”



Avaan-avaan ini foto ku jadi Tua bin keriput lebih mirip kakek Sugiyono, kalau anda belum tau siapa kakek Sugiyono, silahkan search di Google, dengan keyword Kakek Sugiyono, bercerita tentang kisah perjuangan kakek-kakek yang  mepertahankan hidup bersama cucu-cucunya.





Sesuatu yang aneh lagi-lagi melanda negara +62, kali ini sebuah aplikasi pengubah wajah, saat semua orang ingin terlihat muda, tanpa di undang face app mucul, sebuah aplikasi yang mampu mengubah wajah muda menjadi jauh lebih tua, yang menjadi pertanyaan apakah benar muka kita 50 tahun mendatang akan seperti itu?



Padahal cuman tidur bentar, pas buka Facebook, Instagram, Whatsapp, Twitter, liat story wadaw kawan-kawan udah pada tua semua, anjay, ku merasa bahagia wajahku masih muda by twitter  @Wahyuzf , Gua gak koma 50 thn kan?? bangun tidur story udah pada tua semua… mana belum pada nikah lagi :(, @Tetuka_. Sekarang timline sudah seperti panti jompo isinya orang-orang lanjut usia semuanya.



Setidaknya beberapa artis di Indonesia ikut memeriahkan, Jesica Iskandar, Ricard Kyle, Dian Sastro dan, Bunga Citra Lestari  walaupun pada akhirnya mereka tetap cantik, tapi bayangkan  kalau para cebong  yang udah sedari lahir mirip cebong, kebayang kan gimana kalau make faceapp, challenge  ini tentu menjadi keunikan tersendiri, biasanya challenge yang dilakukan oleh netijen itu tergolong berbahaya, misalnya berkendara di mobil sambil berjalan  acapkali menimbulkan korban jiwa, atau pamer barang branded sambil rebahan di Jalan Raya, challenge tersebut cukup sulit diikuti karena memerlukan biaya yang cukup besar, apalah daya jiwa misqiuen pasti meronta-ronta, faceapp adalah salah satu hal mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.



Kamu belum di anggap Millenilas jika tidak menggunakan aplikasi ini, generasi micin yang selalu ikut-ikutan tanpa pikir panjang,  memanggil jiwa-jiwa yang masa muda nya ingin cepat berlalu, tapi tahukah kamu kemana wajah-wajah tuamu itu digunakan untuk apa dan apakah dampaknya??



Jujur, saya sendiri adalah orang yang sedikit fanatik dan agak mempercayai teori konspirasi yang sering beredar di Yutub dan mbah Google, ketika orang ramai membicarakan tentang lambang segetiga yang sering dikaitkan dengan kelompok Ilumnita bahkan dalam  mesjid juga ada, saya rasa teori konspirasi tidak sesederhana itu, tudingan tanpa bukti memang patut di tertawakan, tapi kali ini faceapp memang menujukan bukti yang kuat dengan alasan sebagai berikut:



Pertama, faceapp adalah aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Wireless Lab sejak tahun 2017, bermarkas di Saint Paterburg Rusia, dan berhubungan dengan projek besar bernama Artificial Intelegenci atau kecerdasan buatan yang sedang di kembangkan oleh ilmuan, secara sederhana AI adalah sebuah  kecerdasan yang dibuat untuk  melampaui Tuhan.



Cara penggunaan faceapp harus mengizinkan untuk akses data pribadi sepeti kontak dan email, data tersebut menurut Ariel Hochstads mengatakan bahwa peretas, sangat mungkin melacak kegiatan pengguna, namun sampai saat ini belum ada laporan apakah FaceApp berhubungan langsung dengan pemerintah Rusia,



Kedua, dalam ketentuan dan persyaratan mengatakan bahwa aplikasi faceapp memiliki hak untuk mengatur atas apa pun yang di buat pengguna, artinya mereka bebas menggunakan foto loe-loe semua, dan mengunggah ulang gambar tanpa sepengetahuan anda, faceapp juga tidak memiliki kewajiban untuk menjaga apapun, hal tersebut tentu membuat  kita bertanya-tanya.



Ketiga, Pelacakan lokasi dan penggunaan data privasi, kebocoran data yang loe miliki semua gans and sis,  dapat di perjual  belikan untuk keperluan komersil, mereka bisa saja menggunakannya untuk kejahatan, kita tidak tau apa yang terjadi,tapi waspadahlah, sedari dulu masalah semacam ini selalu saja mengahantui kita, akses media sosial selalu membiarkan untuk berfooya-foya,apalagi aplikasi faceapp ini buatan orang bule yang mungkin saja memiliki  tergabung dalam group iluminati, mereka sengaja membuat kita menjadi tua, akibatnya kita jadi malas, dan kelompok mereka (illuminati) jadi cepat untuk menguasai dunia.



Meski demikian, anda nggak perlu khawatir soal privasy dan data lainya, semua aman di tangan pemerintahan bapak Jokowi-dan Maruf Amin, yang bertugas untuk menjadi suri tauladan tentunya, bayangin aja kakek Ma’ruf Amin ikut-ikutan trends menggunakan faceapp apa jadinya coba, tolong jangan kalian bayangin.



Disclimer, tulisan ini tidak memojokan siapapun ini hanya sebuah teori sederhana dari bocah ingusan, semoga tidak ada yang baper dan menuntut.

































Contoh Susunan Acara untuk Kegiatan 



Latihan Dasar Kepemimpinan Mudah dan 



Simpel


Latihan dasar kepemimpinan adalah hal yang menarik untuk dilakukan, karena sangat penting untuk membentuk suatu generasi yang berakarakter dan membangun kepribadian yang layak untuk memimpin suatu organisasi atau minimal memimpin diri sendiri.

Banyak sekali cara dan contoh susunan acara yang baik dan simple, mudah juga, kenapa rundown dibawah sangat menarik karna bentuknya yang simple dan sangat cocok untuk direalisasikan dalam kegiatan pelantikan dasar kepemimpinan.


dalal beberapa hal ini lah dan Nah begini lah contoh Contoh Susunan Acara untuk Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Mudah dan Simpel. semoga bermanfaat, karna jujur latihan dasar kepemimpinan sangat penting untuk membangun kapabilitas diri seseorang terutama kaum muda, kalau bukan kaum muda yang bergerak siapa lagi. apapun yang terjadi pemuda harus menjadi tali estafet kepemimpinan bangsa Indonesia agar Indonesia semakin maju dan kuat.

SUSUNAN ACARA KEGIATAN


HARI/
TANGGAL
WAKTU
(WIB)
KEGIATAN
PJ
Jumat/
27 Desember 2020
07.00-08.00
08.00- 11.00
Breaving
Keberangkatan menuju lokasi
Nama PJ
11.00 -12.00
ISOMA
Nama PJ
12.00 - 14. 30
Pembersihan lokasi kegiatan
Nama PJ
14.30 -15.30
Shalat Asar berjamaah
Nama PJ
15.30 – 17.00
Acara pembukaan LDK 2019 AMKS PANTURA
Nama PJ
17.00 – 19.30
ISOMA
Nama PJ
19.30 – 21.00
Diskusi santai
Nama PJ
21.00 – 23.30
Breaving/Evaluasi
Nama PJ
23.30 – 04.00
Istirahat
Nama PJ
Sabtu/
28 Desember 2020
04.00 – 05.00
Shalat subuh berjamaah
Nama PJ
05.00 – 06.00
Olahraga bersama
Nama PJ
06.00 – 07.30
Persiapan pribadi
Nama PJ
07.30 – 11.30
Diskusi Interaktif dengan tema “Motivasi Belajar dan Motivasi Organisasi
Nama PJ
11.30 – 13.00
ISHOMA
Nama PJ
13.00 – 15.00
INteraktid Diskusi dengan tema SDM dan Kepemimpinan
Nama PJ
15.00 – 15.30
Shalat Asar berjamaah
Nama PJ
15.30 – 17.30
Interkatif Diskusi dengan tema “Etika dan Prilaku Organisasi
Nama PJ
17.30 – 18.00
Shalat Magrib berjamaah
Nama PJ
18.00 – 18.45
PEMBINAAN KEROHANIAN (TAUSYIAH)
Nama PJ
18.45 – 19.15
Sholat Isya berjamaah
Nama PJ
19.15 –20.00
ISHOMA
Nama PJ
20.00– 22.00
Makrab
Nama PJ
22.00 – 00.00
Breaving/Evaluasi
Nama PJ
Nama PJ
Minggu/
29 Desember 2020
00.00 – 02.00
Api unggun renungan suci
Nama PJ
02.00 – 04.30
Istirahat
Nama PJ
04.30 – 05.00
Sholat Subuh berjamaah
Nama PJ
05.00 – 05.30
Tausyiah
Nama PJ
05.30 – 06.30
Olahraga bersama
Nama PJ
06.30 – 07.30
Istirahat
Nama PJ
07.30 – 08.00
Persiapan pribadi
Nama PJ
08.00 – 11.30
Outbond (fisik)
Nama PJ
11.30 – 13.00
ISHOMA
Nama PJ
13.00 – 14.30
Acara penutupan LDK
Nama PJ
14.30 – 15.30
Sholat Ashar berjamaah
Nama PJ
15.30 – 16.00
Baksos lokasi kegiatan
Nama PJ
16.00 – 16.30
Persiapan pribadi
Nama PJ
16.30–Selesai
Sayonara
Nama PJ
Nama PJ
Contoh Susunan Acara untuk Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Mudah dan Simpel