Safety Riding Membantu Mencegah Pemotor untuk Tabrakan



PT Astra International Tbk - Honda (Astra Motor) – Cabang Pontianak
Apa kabar sahabat semua, semoga baik-baik saja, yang sedang dilanda  masalah semoga segera terselesaikan, yang lagi bahagia jangan lupa tularkan kebahagian pada orang lain, pokoknya apa pun yang kamu rasakan semoga baik-baik saja, welcome back to my blog,


 
Sebagai seorang blogger yang masih receh ini sudah menjadi kewajiban untuk menyebar luas kan informasi ini kepada masyarakat umum, semoga aja ilmu ini bermanfaat so, stay with your phone or laptop and keep reading

Sebagai seorang pengguna jalan, khususnya bagi pengendara sepeda motor, perlu adanya kesadaran agar keselamatan berkendara tetap terjaga. Jika dibandingkan dengan negara lain, Indonesia sendiri memiliki catatan angka kecelakaan yang cukup besar. Dan salah satunya adalah kecelakaan yang terjadi pada pengendara sepeda motor.

Kebanyakan kasus kecelakaan yang terjadi ini tentu sebagai pengendara sepeda motor harus bisa mencegah kejadian ini. Nah, gimana sih caranya mencegah terjadinya tabrakan beruntun, agar kita bias terhindar dari kecelakaan beruntun? Dengan beberapa tips safety riding berikut ini diharapkan Anda bisa mencegah terjadinya tabrakan beruntun yang sering terjadi di jalan raya.

Konsentrasi Penuh Saat Mengendarai Sepeda Motor
Berjalan dengan menggunakan moda transportasi sepeda motor membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi. Dengan konsentrasi tentunya Anda sebagai pengendara menjadi lebih waspada terhadap lingkungan yang ada di sekitar. Itulah kenapa sangat disarankan ketika berkendara tidak menggunakan beberapa perangkat lain yang bisa mengganggu fokus pengendara seperti smartphone, dan lain – lain, karena hal tersebut bisa memecahkan konsentrasi pengendara.

Selain itu pengendara juga harus lebih aware dengan lingkungan sekitar dan tidak boleh gegabah dalam berkendara. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin akan mengurangi konsentrasi kamu saat berkendara di jalan raya:

Kelelahan

Sering terjadi saat perjalanan jauh, apalagi untuk para pengendara sepeda motor karena kelelahan jadi tidak fokus dalam berkendara. Oleh sebab itu, jika dirasa lelah, lebih baik Anda istirahat terlebih dulu untuk mulai lanjut perjalanan.

Pengaruh Obat – Obatan

Beberapa efek samping obat adalah mengantuk, dan juga berkurangnnya konsentrasi, dalam kondisi ini, maka sangat tidak dianjurkan untuk berkendara di jalan raya.

Berkendara Menggunakan Ponsel dan Headset

Perangkat seperti ponsel dan headset akan mengganggu Anda saat berkendara. Memang ada perbedebatan mengenai headset yang dianggap malah agar fokus berkendara. Namun alangkah baiknya jika saat berkendara, kita hanya fokus dengan situasi jalan.

Teknik Berkendara Sepeda Motor Yang Baik

Untuk menjaga keamanan dalam berkendara. Sekarang sudah banyak sekali badan, komunitas, dan bahkan Lembaga pemerintahan yang mengadakan pelatihan safety riding yang akan membantu para pengendara dalam meningkatkan teknik berkendara yang aman.

Disamping akan meningkatkan skill berkendara, dengan mengikuti pelatihan safety riding ini tentunya Anda bisa menyebarkan cara berkendara aman kepada teman – teman Anda sehingga akan lebih tersebar informasi seputar safety riding secara lebih luas.

Perlengkapan Safety Riding
Anda juga harus menyiapkan perlengkapan safety riding standar yang sangat aman digunakan untuk berkendara dengan menggunakan sepeda motor. Seperti kondisi mesin, system pengereman, dan juga berbagai perlengkapan keamanan yang ada di sepeda motor seperti spion, klakson, lampu – lampu pastikan menyala. Usahakan selalu menggunakan helm, sepatu, jaket saat berkendara demi keamanan Anda dalam berkendara.

Perlu juga untuk menjaga kebersihan safety riding agar nyaman saat berkendara apalagi musim corona

1. Helm

Untuk helm perawatan yang harus dilakukan ialah menjaga agar helm tidak basah dengan selalu memberikan perawat yang lebih karena hampir setiap hari kita pakai dengan cara mengangin-anginkan setelah dipakai, setiap minggu dicuci dan diletakan ditempat yang bersih dan tidak lembab.

2. Jaket

Jaket yang kita gunakan setelah berkendara harusnya selalu digantung dan jangan digantung bersamaan dengan pakaian lainnya agar bakteri yang terdapat pada pakaian dan jaket tidak tercampur, cuci jaket setidaknya seminggu sekali dan setiap jaket kotor agar jaket yang kita gunakan selalu bersih dan kita terhindar dari bakteri.

3. Sarung Tangan

Simpanlah sarung tangan dengan menempatkannya pada tempat yang bersih, dan cucilah sarung tangan jika sarung tangan telah digunakan selama perjalanan yang jauh karena diperjalan sarung tangan pasti terdapat bateri-bakteri yang menumpuk.

4. Celana Panjang

Yang pertama untuk berkendara pastikan kita menggunakan celana yang menutup lutut, gantilah dan cuci celana yang kita pakai setelah berkendara.

5. Sepatu

Sebaiknya gunakan sepatu yang nyaman saat berkendara. Untuk sepatu yang telah dipakai setidaknya taruhlah di ruang terbuka, cuci sepatu setidaknya 1 minggu sekali agar sepatu tetap awet dan bersih.

6. Masker

Gunakanlah masker yang sekali pakai atau gunakan yang jenis balaclava dan jangan lupa cuci sehabis digunakan, walaupun masker tidak wajib digunakan saat berkendara tapi masker berfungsi untuk melindungi kita dari virus dan debu yang bertebaran di jalan selama perjalan.



#Cari_aman Astra Motor, aku harap semuanya menyelesaikan bacaan pada tulisan ini agar tiada dusta antara kita
Setujukan ?

PT Astra International Tbk-Honda (Astra Motor), selalu memberikan yang terbaik bagi komsumen dan seluruh masyarakt Indonesia, jadi kita akan selalu mengupdate informasi tentang PT Astra International Tbk-Honda (Astra Motor), buat kalian yang masih kepo silakan baca tulisan lainya dan cari di blog ini ya.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Prastya Agusta
PT Astra International Tbk - Honda (Astra Motor) – Cabang Pontianak
0661-762261 ext 219 | 085245746000 Email: Prastya.agusta@hso.astra.co.id

0 komentar:

Post a Comment

Kami mengucapkan terimakasih atas kunjunganya di blog ini, silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun keilmuan kita bersama, terimakasih.