Kalimantan Barat Sebagai Kandidat Ibukota RI Baru.

Hallo semuanya, apa kabar? Aku harap semua dalam keadaan baik, yang sedang di landa masalah semoga dapat terselesaikan, yang berbahagia semoga selalu dapat menebarkan manfaat untuk sesama.

Kita hidup dan berkembang atas titisan pengetahuan dari orang terdahulu, mereka mengembangkan pengetahuan sebagai upaya bertahan dan beradaptasi di bumi, tak jarang pengetahuan dapat menghancurkan bumi itu sendirian, bukan tanpa alasan hancur karena tidak dapat memanfaatkan secara maksimal dan memperhatikan alam dengan baik.

Sumber Gambar Paxels


Rasanya perdebatan pembentukan ibukota Negera Kesatuan Republik Indonesia belum selesai hingga saat ini, pulau Kalimantan selalu di gadang-gadang sebagai penerima mandat menjadi ibukota Republik Indonesia, penempatan ibukota memang harus dilakukan setegas dan secepat mungkin mengingat dan menimbang bahwa Jakarta adalah ibukota dengan populasi terpadat dan memiliki ancaman tenggelam, terlihat dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan:

Alasan mengapa ibukota Jakarta harus pindah:

  1. Pembangun dan pemerataan terhadap, baik Sumber daya Alam, sumber daya Manusia, dan pengelolaan bersama berkelanjutan, merata maskudnya dapat menyentuh pelosok Indonesia.
  2. Mengurangi beban Ibukota Jakarta, terlalu banyak menanggung massa dari berbagai sisi, sebuah penelitian menunjukan bahwa DKI Jakarta selalu mengalami penurunan permukaan tanah, sementara debit air selalu naik.
  3. Upaya untuk mengubah mindset mengatakan bahwa Jawa Centris menjadi Indonesia Centris.
  4. Meningkatkan pengelolaan dan penataan pemerintah yang siap bersinergi dengan baik.
  5. Laju Urbanisasi, Jakarta sebagai pusat Nasional menjadi tempat yang sangat menarik,  menarik untuk menjadi tempat berkumpul berbagai masyarakat dari segala juru Indonesia.

Alasan mendasar sebenarnya namun perlu perhatian yang lebih,secara strategi pemilihan letak Ibukota harus berada di tengah NKRI, antara Sabang dan Marauke maka posisi yang tepat adalah pulau Kalimantan, Kalimantan selain terkenal sebagai akan kekayaaan alam, pulau ini juga masih memiliki lahan yang luas dan belum di kelola secara maksimal, maksudnya adalah pembangunan secara nyata belum terlihat jelas, berikut beberapa alasan mengapa Kalimantan Barat layak menjadi Ibukota Nasional.

Pertama Kalimantan Barat merupakan daerah dengan kawasan yang tidak dilalui garis gempa, memang ada kemungkinan terjadi gempa, riwayat menunjukkan gempa yang terjadi getarannya  sangat kecil berdasarkan catatan dari koran TribunPontianak mengatakan bahwa Kalimantan Barat sudah terserang 6 Kali Gempa paling besar adalah 4,4 Skala Licther, namun hanya beberapa detik.

Menuju Ibu Kota Masa Depan: Smart, Green, Beautiful,  Sustainable (pembangunan berkelanjutan), kota dengan sistem smart city, memang sudah menjadi trends tersendiri bagi setiap orang, mengingat Pontianak sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Barat,

"Smart City tentu  mencakup semua sektor, mulai dari smart social, smart economic, smart infrastructure, smart education, smart people dan smart-smart lainnya. Semua lingkup pelayanan kita adalah bagaimana kita lebih smart, artinya pelayanan-pelayanan yang ada bisa dilakukan dengan smart, cepat, mudah, murah, akurat, saya rasa Kalimantan Barat sangat cocok dan layak untuk mendapatkan mandat sebagai ibukota Negera Republik Indonesia.

Sumber Gambar Paxels.

Selanjutnya mengenai konsep Green Beautiful, adalah sebuah gerakan yang menjadikan Kalimantan Barat sebagai kawasan yang hijau bersih, cantik dan berdaya guna, mengingat Kalimantan Barat dengan keadaan  lingkungan hidup yang masih arsi, dan keadaan penduduk dan berkembangnya kepedulian terhadap gerakan eco-product.

Pembangunan Berkelanjutan, adalah sebuah visi Nasional yang dilakukan untuk memajukan NKRI, mengetas kemiskinan, mengetas keterbelakangan, mengetas Pendidikan yang masih rendah, atau peningkatan nilai-nilai lainya demi kepentingan dan kemaslahatan bersama, Indonesia sebagai kawasan yang masih luas harus segera melalukan pemerataan.

Saya rasa cukup sekian opini yang dapat kami sampaikan semoga gagasan akan perindahan Ibukota NKRI dapat terlaksana dengan baik, tentu pemindahan ibukota tidak semudah membalikan telapak tangan karena itu harus di lakukan upaya sadar bersama seluruh lapisan Masyarakat yang ada di Indonesia.

Terimakasih untuk semua pembaca jika ada yang ingin didiskusikan silakan komen di bawah thanks for reading.. and see you..






10 comments:

  1. Menarik sih kalau Kalbar jadi ibu kota. Tapi sepertinya masih banyak hal yang perlu diperhatikan untuk implementasi hal tersebut.

    ReplyDelete
  2. Yah, semoga saja Green Beautiful gak sekedar jargon, semoga terealisasi

    ReplyDelete
  3. Yah, semoga saja Green Beautiful gak sekedar jargon, semoga terealisasi

    ReplyDelete
  4. Perencanaan yang matang mengenai gagasan pemindahan ibukota sangat perlu dilakukan, agar dapat mengurangi dampak buruk yang terjadi. Salah satunya terhadap lingkungan ini.

    ReplyDelete
  5. Intinya Indonesia harus mempunya ibu kota wajah yang baru karena ibu kota yang sekarang penuh masyarakat pendatang dan lama-lama sempit dan KOTOR .

    ReplyDelete
  6. Saya juga pro banget sama rencana pemindahan ibu kota ini. Rencana ini akan memberi angin perubahan terhadap pemerataan pembangunan ke Indonesia Timur. Ide nya menarik, hanya perlu banyak hal untuk dipertimbangkan.

    ReplyDelete
  7. Keren ini kalau pembangunan di Indonesia ditingkatkan agar lebih merata

    ReplyDelete
  8. Ibukota di Kalimantan memang diharapkan bisa tetap mempertahankan hutan-hutan di pulau ini. Penting banget sih emang karena Kalimantan jadi salah satu paru-paru dunia. Sebuah ibukota bukan berarti harus semuanya gedung, perlu juga diimbangi dengan berbagai kehijauan di sekitarnya

    ReplyDelete
  9. Kalau saya melihatnya lebih bagus menganut konsep forest city di mana pembangunan dapat bersinergi dengan lingkungan tanpa merusak ekosistemnya. Maksudnya adalah antara lahan hijau dan lahan biru dapat lestari di tengah pembangunan ibu kota baru nanti. Tapi lebih dari itu semua, semoga dengan rencana pemindahan ini arah pembangunan dan perekonomian bisa merata secara keseluruhan di penjuru negeri karena tidak ada lagi stereotipe yang bilang jawa sentris tapi indonesia sentris.

    ReplyDelete
  10. Smart city juga keren jika diaplikasikan pada ibukota yang baru, semoga bisa terlaksana dan ibukota yang baru jauh lebih baik dari yang sekarang

    ReplyDelete

Kami mengucapkan terimakasih atas kunjunganya di blog ini, silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun keilmuan kita bersama, terimakasih.