Sinergitas antara Pemerintah dengan Lapisan Masyarakat dalam Meingkatkan Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik



Peningkatan penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik, perlu dilakukan terus menerus, baik oleh pemerintah atau  lapisan masyarakat Indonesia, terlebih  jika di hadapkan dengan perubahan globalisasi yang menuntut penggunaan bahasa Indonesia harus dilakukan secara maksimal, perkembangan zaman membuat perubahan pola pikir yang berdampak terhadap penggunaan bahasa Indonesia sehingga  rawan tergeserkan.

Pekembangan globlisasi selanjutnya berdampak terhadap penggunaan bahasa Indonesia, lebih khusus di ruang publik, terlihat papan destinasi wisata, perhotelan, tempat umum lainya banyak menggunakan bahasa asing sebagai bahasa petunjuk/arah, padahal tertera jelas dalam perturan undang-undang No. 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa, lambang Negara serta lagu kebangsaan.

Berbagai upaya dapat dilakukan untuk meningkatkan penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik, kebijakan pemerintah seharusnya memicu perubahan perilaku tentang penggunaan bahasa Indonesia. Upaya peningkatan ini harus didukung oleh pemangku kepentingan seperti Pemerintah daerah untuk menerapkan regulasi tentang penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik,, Dinas Kebudayaan Pemuda dan olahraga, Balai Bahasa , Pengusaha dan seluruh lapisan masyarakat.

Selain itu pemerintah harus merangkul komunitas literasi yang berada di daerah, Duta Bahasa, Duta Baca, dan komunitas literasi lainya untuk turut serta mensosialisasikan penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik.

penurunan penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik  sendiri adalah karena faktor keberadaan ruang publik yang memperkenalkan bahasa asing hampir di setiap petunjuk arah, tak hanya itu kini bahasa asing menjadi kemampuan utama dan wajib bagi pelamar kerja, hindari berpikir bahwa bahasa asing lebih baik dari bahasa indonesia,

Ruang publik merupakan, ruang literasi sepanjang hayat, karena elistinasi bahasa menjadi jati diri bangsa, suku dan masyrakat seluruh Indonesia, menjaga Bahasa Indonesia demi mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Keberadaanya adalah sebuah bukti persatuan yang menyatukan beribu jiwa, beribu budaya, beribu suku yang terikat dalam satu bahasa yakni Bahasa Indonesia.


0 komentar:

Post a Comment

Kami mengucapkan terimakasih atas kunjunganya di blog ini, silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun keilmuan kita bersama, terimakasih.