Cara buat tulisan Opini bisa tembus PontianakPost

Cara buat tulisan Opini bisa tembus PontianakPost

Beberapa hari ini abang selalu di Tanya dengan pertanyaan tentang bagaimana caranya bisa buat tulisan yang bisa masuk koran PontianakPost, katanya tugas kuliah dari dosen, oke bagi teman-teman yang pingin tau ni abang akan share bagaimana caranya bisa tembus. sebelum itu abang akan share juga pengalaman bagaimana rasanya bisa masuk koran pertama kali, waktu pertama kali masuk intinya sangat bahagia kalau Bahasa sekarang ingin ku berteriak wkwk. pokoknya mantap betul rasanya, kemudian tips& trick dari abang adalah sebagai berikut :


1. Niat (Goal)

Niat di sini maksudnya adalah, teman- teman harus meluruskan niat, menulis untuk apa dan goal nya, kalau abang dulu karena ada tugas kuliah, kalau masuk koran nggak usah kuliah langsung dapat A di Siakad, siapa yang nggak tertantang coba, kemudian niat itu berubah jadi ingin mendapatkan duit karena setiap kita ngirim dan terbit akan mendapat uang sejumlah tiit, kemudian makin kesini niat berubah jadi ingin menyampaikan opini dan gagasan kita untuk merubah suatu masalah, atau memberikan solusi alternative, kalau mau nulis niat dan tekad harus kuat biar greget.

2. Perbanyak Refrensi

ya sebagai seorang yang ingin menulis Opini harus melihat contoh dari penulis Opini atau sering baca koran, ya kalau mau nulis nggak pernah baca Opini sama juga di kalikan dengan angka 0, dulu abang sering baca koran di Perpustkaan Daerah dan Perpustakaan Kota, intinya baca koran yang gratisan, o iya bagi teman-teman yang mungkin nggak punya laptop jangan khawatir dulu abang juga nggak punya Laptop jadi sering ngetik di Perpustakaan Kota secara gratis. perbanyak refrensi bisa juga dengan memabaca buku yang sesuai dengan topic yang akan kita bahas di Opini tersebut.  ini abang kasi contoh buat bahan refrensi teman-teman.

a. Masyarakat dan Pendidikan 





3. Keabsahan Data

Opini itu membangun argument dengan di iringi oleh data yang akurat, setiap tulisan kita harus mencantumkan sumber dan data yang valid.


4. Jangan Mengeluh

untuk pertama kali ngirim mungkina akan sulit untuk tembus, tapi kameran abang ngirim sekali langsung tembus, kemudian ada beberpa teman abang yang nggak bisa tembus walau sudah 10 kali ngirim, 5 kali ngirim. never give up, terus berusaha yakin ikhtiar pada Allah Swt.

5. Konsultasi dengan ahlinya


mungkin ini dulu yang dapat abang share, nantikan tips selanjutnya .... karena ini baru sebagian tips hehe...