Pelatihan Juru Bicara Pancasila di Pontianak hari Pertama

Pelatihan Juru Bicara Pancasila di Pontianak hari Pertama

Oleh  Liansyah

with kk Maya Delegasi ICN 2017, dan Saya Delegasi ICN 2018
temu kangen/reuni.
Friday, 5 Oktober 2018, di Hotel NEO Pontianak, setelah Jumat tepatnya aku bersiap melakukan packing tak banyak yang disiapakan hanya berupa baju dan celana secukupnya, ya simple aja, tiba ku dihotel Neo, bertemu dengan beberapa teman yang sudah  sering ku jumpai seperti Suryansah awal nya ku kira dia semester 5 ternyata udah semester 9 hehe, kak Fitriyah yang kmren pernah jadi teman pas seleksi Duta Bahasa beliau juga menjadi delegasi Indonesia dalam acara kepemudaan di negeri Jiran, kemudian kak Maya yang menjadi pemenang dalam acara Indonesian Culture Nationalism, Kak Nings tim 4 SEO blogger Pontianak dan teman baru lainya, semua meraka sangat asik.


Kemudian kami makan siang di lantai 11 berhubung aku udah makan paginya jadi nggak terlau banyak ambil porsi ketika makan rasanya ingat Film Aruna dan Lidahnya yang baru aku tonton beberapa hari yang lalu haha, kemudian kami menuju lantai 2 untuk memulai diskusi dan pembukaan secara resmi Pelatihan Juru Bicara season 6 di Pontianak bersama 40 pemuda/I Kalimantan Barat yang terpilih melalui seleksi yang ketatt.. whahaaha.... o iya kita juga punya jargon Komunitas Bela Negara jawabnya Indonesia Rumah Bersama, KBI Bangga Bela Indonesia.

Goal :
Adapun hal yang insyaAllah yang akan kami dapat adalah untuk menyiapkan, membekali dan Memproduki Juru Bicara Pancasila. Juru Bicara Pancasila adalah sebuah program yang di buat untuk memperkuat Pancasila agar tidak terdegradasi.

Adapun Prinsip-pirnsip yang akan dibangun dalam Juru Bicara Pancasila :

Prinsip Kontitusinalisme. Indonesia yang damai beragam dan bebas dari terorisme, dan .Pancasila yang membuat Indonesia penyatu dalam raut keberagaman. menurut peserta Juru Bicara Pancasila mendefenisikan Pancasila dengan Pancasila adalah Dasar Bernegara menurut (Anwar), teman satu kamar hehe.

Kami membuat kesepakatan/aturan untuk sukses dalam pelatihan yaitu :
  1. Konsentrasi
  2. Tepat Waktu
  3. Optimal berada dalam kelas
  4. Hp di senyapkan
  5. Mengakat Hp di luar kelas
  6. Mengikuti sampai selesai


Kemudian kami dibuat menjadi beberapa kelompok menjawab beberapa pernytaan, dengan sub teman utama adalag menjawab, Apa Kegelisahan yang di rasa,  lihat terkait Indonesia Pancasila dan Keberagaman, Bagaimana usaha selama ini dan potensi yang dimiliki.






Gambar setelah diskusi dan memperoleh jawaban


Kemudian kami bersama melakukan diskusi mengangkat isu tentang Terorisme, oleh Pak Nurul Huda Maarif seorang tokoh agama, beberapa materi beliau adalah tentang, Indonesia yang Bersatu dibangun dengan tiga Pondasi Pancasila sebagai ideologi dan perkembangan termasuk di dalamnya atau semboyan Bhineka Tunggal Ika, kemudian UUD 45 yang diamandemen sebagai konstitusi aturan main tertinggi, NKRI sebagai kesatuan tertitori dari Aceh sampai Papua dalam istilah "The Only Game in Town"
Namun demikian Pancasila dapat di atur tafsir ulang tapi tidak dapat di ganti. UUD 1945 dapat di amandemen kembali tetapi tidak dapat diganti, NKRI tidak bias berkompromi dengan wilayah yang ingin merdeka, lepas dari Indonesia. quotes today : Pancasila harus ditafsir sesuai prinsip demokrasi dan hak asasi agar mampu membawa Indonesia melangkah masuk peradaban modern.

3 Hal yang jangan di lakukan : Kekerasan jika ada masalah dengan anggota masyrakat lain, di selesaikan secara musyawarah atau menggunakan jalur hukum. Hindari penggunaan kekerasan dalam menyelesaikan masalah. 
Radikalisme, Ekstrmisme Dan Terorisme : Prilaku ini mempunyai persamaan :
Menganggap kelompok sendiri lebih baik dari kelompok lain ; Hanya kelompok sendiri yang dinilai benar ; menganggap kelompok sebagai musuh. 
Ujaran Kebencian : Hatespeech adalah ujaran atau ucapan yang menngekspresikan kebencian dan antipasti terhadap kelompok atau individu lain. banyak konflik dan kekerasan terjadi akibat ujaran kebencian. 
3 Hal yang boleh di lakukan : Hak atas persamaan, hak atas kebebasan dan deskriminasi dan pembedaan perlakuan dalam bentuk apapun, Hak atas persamaan di depan Hukum, Hak untuk bebas bergerak dan bertempatn tinggal dimanapun, hak memilik harta dan untuk pribadi, hak atas pernikahan.
Hak Ekonomi : Hak Atas Jaminan Sosial, Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak, Hak untuk mendapat Pendidikan.

Kemudian kami tutup acara ini dengan nonton Video dan Mentanyikan lagu "Bagimu Negeri", penutup kegiatan hari ini adalah hari yang luar biasa nambah ilmu dan nambah relasi, intinya the best lah, o iya jangan lupa follow my Ig : @lian_liansyah insyaAllah di Follback.