Merajut Kebergaman dalam Beragama




Merajut Keberagaman dalam Beragama



sumber gambar jalandamai.org


Keberagaman menjadi sebuah kekuatan bagi Negeri yang konon Indah banyak suku budayanya yang penuh dengan sebuah misteri tak berujung serta menjujung tinggi sebuah asas ideology. Beragam suku ras dan agama di satukan dalam wadah yang sudah di sepakati sebagai pedoman hidup, di namakan Pancasila, dan dalam sebuah negeri yaitu Indonesia, sebuah bangsa yang Indah dan Elok namanya.

Dalam Pancasila, sila pertama menyatakan Ketuhanan yang Maha Esa yang mengandung makna bahwa rakyat Indonesia memiliki keyakinan akan adanya Tuhan. Adanya keyakinan yang sama kepada Tuhan menjadikan  Indonesia memiliki keberagaman dalam beragama dan kepercayaan, Perbedaaan Agama dan keyakinan ini  tidak membuat kita tercerai berai melainkan satu kesatuan yang kuat dengan memaklumi ibadah dari masing-masing agama dan berbagi cerita dalam keberagaman supaya terjalin suatu ikatan yang kuat.

Keberagaman yang ada terdapat di Negara kita seharusnya menjadi sebuah motivasi kita untuk menjujung persatuan dan kesatuan, karena di Negara kita sejak awal telah terlahir di dalam satu kondisi perbedaan, yaitu perbedaan suku, bahasa, budaya dan agama yang sangat beragam di Indonesia.

Apabila dibandingkan dengan Negara lain tidaklah sama kondisinya dengan NKRI. Dimana suku dan budaya,bahasa yang sangat beragama ini kita telah mampu mencatat sejarah menyatukan ribuan pulau dari Aceh sampai dengan Irian Jaya dari Sabang sampai dengan merauke, untuk tunduk patuh kepada Ideologi yang sama itu Pancasila.