Kampanye Anti HOAX

Kampanye Anti Hoax
 
Oleh Liansyah

Sebagai manusia yang berada di dalam lingkaran peradaban digital, beberpa dekade yang lalu  bermunculan media berbasi online yang memberikan ruang kebebasan untu berpendapat . Sejalan dengan itu pula maka kesempatan untuk terjadi kejahatan dalam ruang tersebut semakin besar atau yang kita kenal dengan cyber crime, apalagi kejahatan yang disebabkan karena penyebaran informasi yang kurang akurat atau dapat menimbulkan kericuhan bahkan dapat merenggut nyawa seseorang
 
Tersebab hal tersbut kita harus mengetahui dan menjadi manusia cerdas agar tidak mudah percaya akan isu yang beredar dan mencegah terjadi nya cyber crime :
 
Dasar Dasar Keamanan Digital
 
1. Politik Data
 
Politik data adalah, dimana setiap dari kita dipaksa untuk memberikan data yang kita miliki kepada sebuah akun yang bahkan tidak kita kenali sama sekali, seperti pembuatan akun gmail, facebook. coba kita analisa jika kita bertemu dengan orang asing dan mereka menanyakan alamat kita atau status kita apakah kita langsung menjawab, begitu juga dengan google mereka dengan mudah nya memaksa kita. dan sebuah fakta bahwa data yang kita berikan ternyata dapat digunakan untuk keuntungan kapitalis.
 
Bagaimana Data kita terkumpul :
 
1. Saat Mendaftar
2. Data yang kita ciptakan
3. Data yang kita share
4. Data Lokasi
5. Data yang disampaikan
 
 
oleh karena mari dari sekarang mulai mengahpus data yang kita ciptakan mulai dari status, tanggal lahir, tempat tinggal yang mungkin kita simpan di penjabaran di Wall FB. Ig dan lain-lain.
semua itu adalah privasi kita, Identitas,lokasi,Konten, dan jaringan sosial, yang harus tetap terjaga agar tidak disalahgunakan.
kembali ke topik HOAX, hoax sendiri adalah istilah dimana suatu kebenaran yang diciptakan padahal sebenarnya adalah sebuah kepalsuan.
 
Bagaimana melawan HOAX:
 
1. public campaign and literacy education
2. advocacy
3. Hoax based cheeking
4. literatur
 
 

0 komentar:

Post a Comment

Kami mengucapkan terimakasih atas kunjunganya di blog ini, silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun keilmuan kita bersama, terimakasih.