INDONESIA MERDEKAAA

INDONESIA MERDEKAAA
Oleh Liansyah
 
See the source image
sumber gambar keywordsuggest.org
 
     Sejarah telah melibatkan berbagai kepulauan dalam sebuah peristiwa, Nusantara Indonesia yang terbentang di laut biru pasang surut dalam riwayat bangsa, Ia punya masa kejayaan anak zamannya mengakatan zaman Sriwijaya dan Majapahit, tapi ia juga telah menjadi wilayah jajahan oleh warga asing dalam beberapa abad, kemudian di hisap bumi dan rakyatnya, serta segenap kekayaan alamnya.
    Perlawanan bangkit dari berbagai lini, menaburkan benih-benih kepahlawanan di seluruh bentang Nusantara, Pangerah Dipenogoro, Imam Bonjol, Hasanudin dan lain-lain yang tak terhingga banyaknya. Betapapun gelap nya sebuah masa penjajahan, alamnya sungguh elok, cerah bermandi kan sang surya, gelombang lautnya hilir bergantian menggulung, membuih membasuh tepian pantai, sawah ladang hijau membentang sejauh mata memandang, gunung-gunungnya megah menjulang bagai menjaga sebuah tanah pusaka, alhamdulliah kita bersyukur kepada Allah yang telah melimpahkan anugerah ini kepada kami bangsa Indonesia.
    Mandala sebuah peperangan di Lautan teduh sudah sampai pada babak yang terkahir, seganap mesiu jadi beku oleh percobaan pertama sebuah alat pemusnah, bom atom yang membuat Hiroshima di payungi jamur raksasa yang tiada tara efeknya, baik radiasi dan panasanya. Tamtalah sebuah cerita peperangan dahsyat yang merajalela dan usai telah melibatkan tanah Pusaka. Mualailah sebuah babak baru bangsa Indonesia. PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA.
    Segenap tanah air kemudian gegar gempita dengan teriakan Merdeka atau Mati, dengan segala cara rakyat Indonesia berjuang merebut tahta kekuasaan dan mengambil hak yang menjadi milik kita bersama, dengan segala kekuatan yang mustahil untuk dibendung oleh kekuatan apapun juga, tiada perjuangan yang sia-sia dan tiada menyesal korban yang memperjuangakan tanah pusaka.
   Setelah sekian lama berada dalam sebuah belenggu penjajahan, tepatnya pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945 jam 10.00 pagi di Pegangsaan Timur 56, rakyat Indonesia dengan Proklamasi menyatakan berdirinya sebuah bangsa, Tanah Air Indonesia yang sudah Merdeka. Proklamasi yang dilakukan oleh sang Proklamator Ir.Soekarano dan Drs. Mohammad Hatta atas nama bangsa Indonesia.
   Proklamasi Indonesia dilakukan dengan penuh tekad dan keyakinan, dilandasi dan dijiawai oleh cita-cita luhur, sebagaimana dirumuskan dalam sebuah pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.
Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri-kemanusian dan perikeadilan.

0 komentar:

Post a Comment

Kami mengucapkan terimakasih atas kunjunganya di blog ini, silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun keilmuan kita bersama, terimakasih.