Mesjid Jami’ Pontianak klub Riset IAIN Pontianak

Mesjid Jami’ Pontianak
Oleh : Liansyah
 
Image result for gambar mesjid jami
 
sumber gambar www. tripadvisor.co.id
 
 

 Masjid Jami’ Pontianak merupakan tempat peribadatan masyarakat tempo doloe dan sekarang, berdiri di lahan seluas 6,755 m2, dengan mesjid seluas 1.250 m2, terletak di sebelah timur sungai Kapuas Besar, tepatnya di kelurahan Dalam Bugis, kecamatan Pontianak timur. Mesjid ini memberikan daya tarik khusus bagi wisatawan dan masyarakat dan menjadi saksi bisu sejarah kota Pontianak. Dapat dicapai dalam waktu kurang lebih 15 menit dari pusat kota Pontianak dan berhadapan langsung dengan Keraton Kadariyah.
Atap mesjid Jami’ terdiri dari empat tingkat yang makin ke atas semakin kecil. Setiap tingkat di batasi oleh jendela berukuran kecil yang paling atas berbentuk kubah. Kubah sendiri melambangkan bangunan Islam, artinya perjuangangan kesultanan Pontianak tidak lepas dari usaha dakwah agama Islam. Mesjid ini dibangun dengan jumlah tiang-tiang penyangga.
Tiang-tiangnya terdiri atas enam tiang utama berbentuk bulat, garis tengah 60 cm, 14 buah tiang pembantu berbentuk segi empat dan sejumlah tiang pinggir yang berfungsi sebagai penyangga atap dan penyangga pintu serta tempat menempel dinding kayu belian. Diluar ruangan terdapat tiang menyangga atap, serambi, pintu dan jendela serta kaca kristal berwarna merah, hijau, dan merah muda, dalam mesjid juga terdapat beberapa ornament kalgrafi arab.

0 komentar:

Post a Comment

Kami mengucapkan terimakasih atas kunjunganya di blog ini, silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun keilmuan kita bersama, terimakasih.