“Andai Aku Jadi Duta Baca Kalimantan Barat”



“Andai Aku Jadi Duta Baca Kalimantan Barat”
Oleh : Liansyah
Image result for gerakan gemar membaca
sumber : komunita.id

Kini kita memasuki era pertarungan globalisasi. Dunia telah menjadi flat dan saling terkait satu sama lain. Problem yang meledak di sebuah bangsa bagai kartu domino yang rubuh mengenai bangsa lain. Sebagai bukti kearifan manusia dan kemajukan sebuah intelekatual diperlukan seorang yang memiliki jiwa dinamis, cerdas dan mampu membuat parktik budaya literasi di  tengah hiruk- piruk pluralisme.
Menjadi duta baca adalah sebuah pekara mulia, jika menjadi duta baca aku  akan siap menjadi figur dan cerminan pemuda yang peduli terhadap pendongkrakan budaya membaca di setiap lini kehidupan, dan  memiliki kepekaan serta keresahan terhadap kurangnya minat baca di wilayah Kalimantan Barat.
Banyak hal yang harus diperbaiki jika aku menjadi duta baca, bukan hanya menjadi figur Duta Baca, aku akan menanamkan praktik membaca di lingkungan Kalimantan Barat.  Memperbaiki pola pikir bahwa membaca bukan hanya kegiatan yang  bisa dilakukan oleh kaum intekektual, tapi kita semua bisa menjadi penikmat sebuah bacaan.
Kemauan dalam membaca sudah tertanam ketika aku melihat kemajuan peradaban sebuah bangsa tersebab kaum mudanya yang cinta serta,gemar dalam membaca dengan tidak membatasi dirinya terhadap informasi. Aku sangat prihatin dengan penerus bangsa saat ini, banyak dari mereka yang  sudah terkena dampak dari teknologi dan lebih sering membaca wall status Facebook,instagram, whatapps, twitter itu menjadi salah satu faktor budaya membaca luntur, lebih bangga menggunakan gadget daripada setiap hari membawa satu buah buku.
Kedepan dalam upaya memajukan budaya membaca aku akan membuat program, Soialisasi gemar budaya membaca, serta program 1 orang satu buku setiap hari yang terhimpun dalam komunitas membaca, serta di sarankan untuk membaca buku minimal 5 halaman  yang terhubuung dalam sebuah aplikasi Whatapps.
Sekarang saya mengelola sebuah perpustakaan mini di Asrama Mahasiswa Kabupaten Sambas Pantai Utara dan menjabat sebagai ketua Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM), dan  memiliki lebih dari 100 buah koleksi buku pribadi.
 Seandainya aku Menjadi Duta Baca Provinsi Kalimantan Barat 2017, saya akan merubah pola pikir dan mengembangkan minat baca generasi bangsa, dan sebagai duta baca saya juga akan bekerja sama dengan duta baca terdahulu, dengan pemerintah, duta baca cilik, para relawan baca, dan tokoh masyrakat . aku juga harus memberikan pengertian yang jelas dan bisa dimengerti tentang membaca terutama didaerah pelosok negeri Kalimantan Barat yang jarang tersentuh toko-toko buku sekelas Gramedia, serta kurang nya Perpustakaan yang dikelola dengan benar.
Jika bangsa sudah tidak menghargai budaya membaca, maka siap siap mereka akan ditelan dalam pahitnya kebodohan, sehingga bukan hanya lepas dari penjajahan fisik, kita akan merasakan penjajahan yang beribu kali lebih sakit dari penajajahan masa pra kemerdekaan dahulu.
Jika terpilih menjadi duta baca aku akan seratus persen berkomitmen dalam pengembangan budaya gemar membaca di Kalimantan Barat.

0 komentar:

Post a Comment

Kami mengucapkan terimakasih atas kunjunganya di blog ini, silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun keilmuan kita bersama, terimakasih.