Psikologi Pendidikan


Psikologi Pendidikan
Image result for gambar psikologi pendidikan
stelaramis.co.id
Psikologi Pendidikan
Oleh : Liansyah
Pengertian dan Dedenisi Psikologi, dalam kehidupan sehari- hari sering kita mendengar “Psikologi” sebuah kata yang asing tetapi apabila kita telaah lebih dalam mengandung makna yang kuat berkaitan dengan hubungan antara manusia dan lingkungannya. Psikologi berasal dari bahasa yunani yaitu Psychy yang artinya jiwa dan logos artinya ilmu. Secara etimologi psikologi artinya ilmu yang mempelajari jiwa, baik mengenai macam-macam gejalanya, proses maupun latar belakang. Jiwa secara harfiah berasal dari kata Jiv, yang berarti lembaga, (levensbeginsel),  atau daya hidup (levenscacht).
Pengertian Psikologi menurut Muhibbin Syah (2001), Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubunganya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk, berjalan dan lain sebagainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berpikir, berkeyakinan, berperasaan, dan lain sebagainya. Dari beberapa defenisi tersebut dapat disimpulkan bahwa penegertian Psikologii adalah ilmu pengetahuan yang memepelajari tentang tingkah laku manusia, baik secara individu maupun hubunganya dengan lingkungan sekitar.
Defenisi Pendidikan, Pendidikan secara harfiyah adalah usaha sadar yang dilakukan oleh pendidika terhadap peserta didik, untuk mewujudkan tercapainya perubahan tingkah laku, budi pekerti, keterampilan, dan kepintaran secara intelektual, emosional dan spritual. Pendidikan berasal dari kata didik, mendidik berarti memlihara dan membentuk latihan dan proses perkembangan potensi manusiawi dan proses pewarisan kebudayaan. Poerbawaktja dan Harapan dalam Muhibbah Syah (2001), Pendidikan merupakan usaha sadar secara sengaja dari orang dewasa untuk meningkatkan kedewasaan yang selalu diartikan sebagai kemapuan untuk bertanggung jawab terhadap perbuatanya, dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah proses menumbuh kembangkan seluruh kemampuan dan prilaku manusia melalui proses belajar mengajar.
Prilaku Pendidikan,  Prilaku Pendidikan diwujudkan oleh semua elemen pendukung dalam dunia pendidikan seperti Pendidik: Guru, Dosen, dsb, Peserta didik : Murid, Mahasiswa, Siswa, santri, dsb,  Pengelola Pendidikan dsb. Untuk itu sangat diharapkan agar semua eleme dapat terlibat langsung secara efektif dan efesien sesuai dengan landasan dan tujuan yang ingin dicapai.
Defenisi Psikologi Pendidikan,  Psikologi Pendidikan adalah sebuah bidang studi yang berhuubungan dengan penerapan penegtahuan tentang prilaku manusia untuk usaha- usaha kependidikan, Psikologi Pendidikan adalah perkembangan dari psikologi perkembangan dan psikologi sosial digunakan di psikologi pendidikan.
Psikologi Pendidikan mempelajari bagaimana manusia belajar dalam setting pendidikan, keefektifan sebuah pengajaran, cara mengajar, dan pengelolaan organisasi sekolah. Menurut elliot dkk menyatakan bahwa Psikologi Pendidikan merupakan penerapan teori-teori psikologi untuk mempelajari perkembangan belajar, motivasi, pengajaran dan permasalah yang muncul dalam dunia kependidikan. Psikologi Penidikan pada asasnya adalah sebuah disiplin psikologi yang khusus mempelajari, meneliti, dan membahas seluruh tingkah laku manusia yang terlibat dalam proses pendidikan, dan yang diterapkan di dalam dunia kependidikan.
Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan,  secara garis besar, banyak ahli yang membatasi pokok bahasan psikologi pendidikan menjadi tiga macam. 1. Pokok bahasan mengenai belajar yang meilputi teori, prinsip, dan ciri-ciri, khas prilaku belajar siswa dan sebagainya. 2. Pokok bahasan mengenai proses belajar, yakni tahapann perbuatan dan peristiwa yang terjadi dalam kegiatan belajar siswa. 3. Pokok bahasan mengenai situasi belajar, yakni suasana keadaan lingkungan baik bersifat fisik maupun nonfisik yang berhubungan dengan kegiatan belajar siswa. Sementara menurut  Samuel Smith, Pengetahuan tentang Psikologi Pendidikan ( The Science of Educational Psychology), Herederitas atau karakteristik (herederity) ,  Lingkungan yang bersifat fisik ( Physical Structure), Perekembanagan siswa (Growth), Tingkah laku (behavior process), hakikat dan ruang lingkup belajar (nature and scope of learning), faktor yang mempengaruhi belajar(factor that conditions), hukum dan teori belajar (laws and theories of learning), yakni prinsip dan batasan pengukuran (measurement: basic principal and defenition), IQ transfer belajar ( Transfer of learning), dll.
Image result for gambar psikologi pendidikan
kreatifitas-dalam psiologi pendidikann.blogspot.com
Manfaat Psikologi Pendidikan, agar para pengajar dalam melaksanakan proses belajar mengajar dapat mengetahui perbedaan individu peserta didik, agar para pengajar dapat memperlakukan peserta didik sama rata, sama rasa tidak membedakan anatara peserta didik yang satu dengan yang lain, agar dapat membantu guru dalam memahami prosesdan masalah pendidikan serta mengatasi masalah tersebut, guru dapat melaksanakan proses pendidikan dan proses belajar mengajar secara efesien dan efektif.
Review Buku Psikologi Pendidikan BAB I, Karya Dwi Prasetia, S.Psi.,Mpd, dkk. Pereview Mahasiswa Pendidikan Agama Islam semester III IAIN Pontianak.

0 komentar:

Post a Comment

Kami mengucapkan terimakasih atas kunjunganya di blog ini, silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun keilmuan kita bersama, terimakasih.