Pahlawan



Image result for gambar pahlawan animasi PAHLAWAN merupakan seorang yang melakukan perbuatan menolong atau melakukan sesuatu dan berkorban dalam melakukan kebaikan dan berjiwa patriotisme atau cinta akan negara yang diperjuangkannya. Pahlawan adalah orang – orang yang berjuang untuk menegakkan keadilan. Dia berkorban sedemikian rupa, dengan segala kegigihan, mengorbankan pikiran, tenaga, waktu atau bahkan mengorbankan nyawanya. Definisi pahlwan menurut UU No 20/2009 “ Pahlawan Nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia atau seorang yang berjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang gugur atau meninggal dunia demi membela bangsa dan negara, atau yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawan atau menghasilakan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan  negara Republik Indonesia”.
Pahlawan Nasional di Indonesia diidentikan dengan pejuang yang berada di era penjajahan Belanda atau Jepang. Dari pendidikan dasar kita sudah diperkenalkan dengan pahlawan seperti Imam Bonjol, Pangeran Antasari, Pangeran Dipenogoro, R.A Kartini, Cut Nyek Dien dan lain-lain, mereka adalah segelintir pahlawan dan yang telah turut andil dalam merebut kemerdekan bangsa Indonesia. Menjadi pahlawan  tidak harus selalu berperang yang dan sebenenarnya pahlawan yang sesungguhnya memliki tiga arti penting, yaitu berani, pengorbanan dan kebenaran. Seperti yang kita ketahui  kemerdekaan di Indonesia ditebus oleh pengorbanan pahlawan bangsa dan sebenarnya pahlwan itu tidak mati melainkan masih hidup di dalam jiwa dan bagaimanakah cara kita untuk menghargai jasa pahlawan berbagai yang hidup di dalam jiwa  yaitu dengan memberikan anugerah gelar pahlawan nasional, mengabdikan nama pahlawan sebagai nama jalan, gedung, membangun tugu peringatan, monumen, atau patung untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan, memeperingati peristiwa penting dalam perjuangan bangsa.
Namun sadarkah kita hampir sebagian dari uang kertas di dunia mengunakan pahlawan sebagai ikon penting atau tokoh penting, para pahlawan yang terdapat di uang kertas bukanlah para pahlwan yang memberikan kontribusi dan pengorbanan sangat besar dalam merebut kemerdekaan Indonesia dari penjajah, ikon tokoh pahlawan di gunakan sebagai wujud pemerintahan untuk menyatukan keberagaman yang ada di Indonesia.
Pahlawan Nasional adalah gelar penghargaan tertinggi di Indonesia gelar ini diberikan atas tindakan heroik atau berjasa luar biasa bagi kepentingan bangsa. Pertanyaanya adalah apakah hanya berlaku bagi mereka yang telah mengorbankan nyawanya atau berjasa bagi eksistensi suatu negara atau bertaruh nyawa demi ideologi negara.
Rahman Kenoun berependapat seorang membunuh atas dasar motif pribadi akan disebut pembunuh, tapi apabila seorang membunuh atas kepentingan negara disebut sebagai pahlawan.
Pahlawan sesungguhnya tidaklah mati, pahlawan sesungguhnya bersarang di dalam jiwa kita dan ada di dalam bagian dari kehidupan rakyat Indonesia. Sikap menghargai pahlawan  inilah yang harus kita tanamkan sejak dini. Dalam hal ini Presiden Pertama Ir. Soekarano dalam pidatonya pada hari Pahlwan 10 Nopember 1961 “ Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlwannya”. Akan tetapi sikap  kepahlawanan bukan hanya sekedar mengahargainya, tugas kita adalah memberi makna baru kepahlawanan dan mengisi kemerdekaan sesuai dengan perkembanagan zaman, setiap dari kita harus berjuang untuk menjadi pahlawan. Karena itu hari pahlawan bukan hanya sehari, tetapi berlangsung setiap hari artinya ketika kita ingin menjadi warga yang baik ada berbagai cara yang harus kita lakukan diantaranya dengan cara meningkatkan prestasi dalam kehidupan masing- masing sehingga bisa dikatakan bahwa kitalah sang pahlawan bangsa yang sejati. (**)

0 komentar:

Post a Comment

Kami mengucapkan terimakasih atas kunjunganya di blog ini, silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun keilmuan kita bersama, terimakasih.